Translate

Rabu, 18 Februari 2015

Cara menjaga hubungan persahabatan agar tetep awet

Cara menjaga hubungan persahabatan agar tetep awet


 
Punya hubungan yang awet sama sahabat pasti sangat menyenangkan. Selain bisa banyak berbagi cerita, kita juga tak akan merasa sendiri. Tapi kenyataannya menjalin persahabatan itu juga nggak gampang. Supaya sobatan kita awet, yuk coba tip berikut ini.

Tanamankan perasaan yang tulus
Belajarlah untuk tulus bersahabat. Tulus bisa terlihat dari beberapa hal, contohnya tulus membantu sobat kalau dia dalam keadaan susah. Tulus juga berarti tidak merasa iri atau dengki kalau sobat melakukan sesuatu yang lebih dari kita. Justru itu bisa jadi motivasi kita.

Tumbuhkan  rasa simpati plus empati
Dalam sebuah hubungan, omongan saja tidak cukup membuktikan kalau kita sobat yang baik. Jadi pendengar yang baik atau selalu berusaha menghibur sobat di kala susah bisa jadi alternative caranya.

Saling jaga kepercayaan
Jangan pernah membocorkan rahasia atau curhatan sobat sekalipun kita dan dia sedang berantem. Terapkan juga sikap saling menghormati kalau sobat atau kita punya pacar. Semenarik apapun cowok itu, jangan sampai tergoda, ingat… dia miliknya sobat, lho.

Selalu berusaha memaafkan
Adu argumen, beda pendapat atau berantem sama sobat pastinya nggak terhindarkan. Tapi itulah proses buat mengenal sobat lebih jauh. Makanya, belajarlah untuk memaafkan, sobat agar persahabatan kita lebih awet.

Sobat bukan bank keliling
Ditraktir makan sama sobat pasti kita nggak menolak. Tapi kalau sobatan sama kita bikin kantong sobat jebol, siapa juga yang tahan? Biasakan untuk menyelesaikan urusan keuangan kamu sendiri. Kecuali kalau ada sobat ngajak teraktir di momen special dia. Ingat! Soalnya masalah uang cukup sensitif, sih

Jadilah pendengar yang baik

Jika terus berbicara setiap waktu, maka Anda akan berakhir dengan sedikit teman. Cobalah mendengarkan orang lain melebihi bicara Anda, sehingga dapat memiliki teman-teman yang baik.


Pilihlah teman dengan bijak

Jangan berteman dengan orang-orang yang menyusahkan Anda. Beberapa orang berteman hanya untuk bisa minum bersama-sama atau mengisi kursi mobilnya karena mereka kesepian. Anda hanya bisa berteman dengan orang-orang yang dapat berbagi koneksi.


Percayai insting Anda

Anda harus memercayai insting ketika memulai berteman. Jangan biarkan orang lain memengaruhi Anda dan jangan pernah menjadi korban kesalahpahaman.


Luangkan waktu dengan teman-teman Anda

Kita semua memiliki kesibukan hari ini dan Anda harus meluangkan waktu untuk teman-teman. Bagaimanapun, seperti halnya Anda meluangkan waktu untuk bertemu orangtua, kekasih dan saudara, buat hal tersebut menjadi tugas Anda untuk bertemu teman-teman dengan menghabiskan waktu bersama.


Hargai teman Anda dan privasinya

Terkadang, satu-satunya cara menghargai teman adalah menghargai keputusannya, walaupun Anda tidak menyetujuinya. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak menyukai orang yang dikencani teman, namun Anda harus menghargai pilihannya karena orang tersebut membuat teman Anda senang.


Selalu katakan kejujuran kepada teman Anda

Anda harus selalu jujur kepada teman, bahkan dengan taruhan akan menyinggung perasaan mereka. Misalnya, jika teman Anda bertanya apakah dia harus melamar seorang gadis dan Anda berpikir bahwa dia tidak harus melakukannya, maka katakanlah dengan jujur. Teman sejati seperti cermin, mereka sering memberi tahu Anda apa yang Anda tahu, tapi tidak mau mempercayainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar