Translate

Sabtu, 21 Februari 2015

Wisata Gratis yang ada di Malaysia

Wisata Gratis yang ada di Malaysia


.

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan wisata bagi traveler yang ingin berlibur ke luar negeri, tapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup besar. Banyak traveler asal Indonesia berkunjung ke Malaysia untuk berlibur pada saat weekend, long weekend ataupun liburan sekolah.
Banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa traveler kunjungi di Malaysia, salah satunya yang sedang trend diperbincangkan saat ini adalah Legoland yang terletak di Johor Bahru, Malaysia. Berwisata ke Genting Highland juga masih menjadi salah satu favorit para traveler asal Indonesia. Namun traveler harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk bisa menikmati wahana permaninan yang ditawarkan di beberapa tempat wisata tersebut. Sehingga traveler harus berpikir ulang untuk menghitung budget yang dibutuhkan. Mahalnya tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana permainan ini tentunya menghambat bagi traveler yang ingin berlibur dengan budget a la backpacker.
Nah, untuk itu, traveler yang ingin berkunjung ke Malaysia, tidak perlu khawatir karena ada beberapa tempat wisata di Malaysia yang bisa dikunjungi secara GRATIS atau tidak berbayar sama sekali. Tempat-tempat ini ramai dikunjungi oleh traveler dari berbagai negara yang datang ke Malaysia. Berikut 10 tempat wisata gratis yang sering dikunjungi para traveler di Malaysia:
  • Bukit Bintang, Kuala Lumpur
nusatrip_travel_bukitbintang_kualalumpur_malaysia
Traveler mungkin sudah sering dengan tentang “Kawasan Bukit Bintang”. Kawasan ini terkenal dengan pusat perbelanjaan modern, tempat hangout untuk anak-anak muda KL. Banyak butik ternama, resto, cafe hingga mall yang ada di kawasan Bukit Bintang ini traveler. Jika traveler bosan untuk berkeliling di area Bukit Bintang, bisa berjalan sedikit ke Jalan Alor, disini traveler bisa menemukan banyak penjual makanan, tempat wisata kuliner dengan beraneka ragam menu. Jangan lupa untuk mencicipi es krim Turki yang terkenal di jalan Alor.
  • Twin Tower (Menara Petronas), Kuala Lumpur
Berkunjung ke Malaysia belum lengkap jika tidak ke Twin Tower atau Menara Petronas. Gedung ini merupakan ikon Kuala Lumpur. Untuk naik ke atas menara, memang traveler harus membayar  tiket, tapi untuk traveler yang mau gratisan, bisa berfoto di pelataran menara kembar ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi menara ini adalah pada malam hari, dimana air mancur yang ada di pelataran menara petronas membuat pemandangan jauh lebih indah dan hidup. Kalau sudah puas foto-foto di pelataran menara petronas, traveler juga bisa window shopping di Suriah Mall KLCC yang ada di dalam menara kembar ini.
  • Masjid Negara dan Masjid Jamek, Kuala Lumpur
Masjid Negara merupakan masjid utama bagi masyarakat Kuala Lumpur. Selesai dibangun pada tahun 1965, masjid ini dapat menampung sekitar 15000 jemaah. Traveler bisa mengunjungi tempat ini (baik muslim ataupun non muslim), di luar waktu ibadah, traveler bisa masuk ke dalam masjid dengan menggunakan pakaian yang sopan tentunya. Jangan khawatir, jika pakaian traveler dinilai kurang sopan atau kurang pantas untuk memasuki masjid, maka staff masjid akan meminjamkan jubah untuk traveler gunakan selama berada di dalam masjid.
Masjid Jamek juga dikenal dengan sebutan masjid India. Masjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, dibangun pada tahun 1909. Masjid ini terletak di jalan Tun Perak, gaya arsitekturnya dipengaruhi oleh gaya muslim India. Letak Masjid Jamek dan Masjid Negara ini berdekatan, jadi traveler bisa berjalan kaki untuk mengunjunginya satu persatu.
  • Dataran Merdeka, Kuala Lumpur
nusatrip_travel_kualalumpur_citygalery
Dataran Merdeka atau Lapangan Merdeka ini merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat Malaysia. Gedung Sultan Abdul Samad juga terletak di Dataran Merdeka, yang juga merupakan salah satu bangunan bersejarah di Malaysia. Di Dataran Merdeka inilah setiap tahunnya masyarakat Malaysia menggelar upacara kemerdekaan. Disini terdapat tiang bendera setinggi 100 meter yang dianggap sebagai tiang bendera tertinggi di dunia.
  • Kampung Baru, Kuala Lumpur
Pernah dengar sebelumnya mengenai Kampung Baru traveler? Kampung Baru ini terletak 1 kilometer dari Menara Petronas.  Kampung Baru merupakan kampung terakhir yang ada di antara gedung-gedung bertingkat dan megahnya Kuala Lumpur. Kampung Baru adalah perkampungan melayu tertua yang dibangun pada masa penjajahan Inggris. Disini traveler bisa melihat bangunan rumah tradisional khas melayu juga berkunjung ke arena bazaar kampung melayu yang menjual makanan khas melayu seperti nasi lemak, bubur lambuk, es kacang dan masih banyak lagi.
  • Batu Caves, Gombak
nusatrip_onlinetravel_batucaves_kualalumpur_malaysia
Batu Caves atau Gua batu ini terletak sekitar 13 kilometer sebelah utara Kuala Lumpur, bisa ditempuh dengan menggunakan kereta (KTM) ataupun bis. Batu Caves merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Masuk ke dalam Batu Caves tentunya traveler tidak perlu membayar apapun. Untuk mencapai ke dalam Gua traveler harus menaiki anak tangga yang berjumlah 272 buah, jadi pastikan siapkan energi sebelum berkunjung kesini. Di setiap anak tangga tertulis angka yang menunjukkan, di anak tangga keberapa saat ini traveler berada. Disini terdapat banyak sekali monyet dan burung dara, traveler harus berhati-hati terhadap barang bawaan, karena biasanya monyet suka menarik tas, kacamata dan makanan yang traveler bawa.
  • Lake Garden Park, Taman Tasik Perdana
Taman Tasik Perdana atau Lake Garden park adalah taman yang sangat besar dan dan terkenal di pusat kota Kuala Lumpur. Luas taman ini mencapai 91 hektar, dimana terdapat taman rusa, taman anggrek, taman kembang sepatu, monumen nasional dan masih banyak yang lainnya. Taman ini sangat cocok untuk traveler yang ingin bersantai dan beristirahat karena suasananya sangat tenang dan damai. Masuk ke dalam taman ini gratis, namun ada beberapa tempat yang mengharuskan traveler membayar. Jika traveler tidak ingin membayar, bisa menikmati suasana dengan berkeliling taman dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda sekitar 3RM untuk 30 menit.
  • Istana Negara Malaysia, Putrajaya
Pada saat sampai di Istana Negara Malaysia, traveler akan disambut dengan lapangan yang besar. Di lapangan ini menjadi tempat berkumpulnya para traveler dari berbagai negara. Traveler tidak diperbolehkan masuk ke dalam istana negara, namun masih bisa melihat keindahan bangunannya dari sela-sela pagar. Biasanya  spot favorit para traveler untuk  berfoto yaitu di depan pagar yang bertuliskan “Istana Negara”.
  • Kawasan Kantor PM Malaysia, Putrajaya
Masih di  Putrajaya Malaysia, traveler bisa berkunjung ke kawasan Gedung Jawatan Perdana Menteri Malaysia. Gedung ini dikelilingi oleh banyak bangunan dengan arsitektur yang indah, salah satunya adalah Masjid Merah yang terletak tepat disamping gedung ini. Traveler bisa berfoto hingga puas di depan Gedung Jawatan Perdana Menteri.
Setelah puas berfoto di depan gedung, traveler bisa ke Masjid Merah. Dikenal dengan sebutan Masjid Merah karena hampir seluruh bagian dari bangunan masjid ini berwarna merah. Tentu saja disini traveler bisa masuk ke dalam masjid secara gratis. Jika traveler ingin melepas lelah atau sekedar bersantai, bisa duduk di taman yang ada di depan Gedung Jawatan dan Masjid Merah, sambil bermain dengan burung-burung yang terbang bebas.
  • Masjid Sultan Abu Bakar, Johor Bahru
 Masjid Sultan Abu Bakar merupakan masjid tertua yang ada di Johor Bahru. Masjid ini berumur sekitar 119 tahun, salah satu tempat wisata menarik bagi traveler yang berkunjung ke Johor Bahru. Seperti masjid-masjid yang lainnya, traveler juga bisa masuk dan melihat kemegahan dan keindahan arsitektur yang ada di dalam masjid ini. Pastinya traveler tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk dan melihat-lihat ke dalam masjid. Pastikan traveler menggunakan pakaian yang sopan untuk menghormati tempat ibadah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar